Gargling Habit

March 25, 2017


Semenjak akui kecil aku selalu diingatkan oleh perkataan papa,

" Sehat itu ga cuman makanan ama olahraga. Tapi dari mulut! sumber bakteri "
Guess what? did I believe? sebagai anak yang keras kepala seperti orang tuanya sudah pasti nga la, apalagi papa orang Hong Kong budayanya beda dengan si anak yang kebanyakan bergaul dengan orang Indonesia. 

Tapi memang sebagai anak kecil, apa yang dilakukan oleh orang tua kebanyakan kali selalu diikuti oleh anaknya. Sebagai salah satu contoh ialah berkumur. Ini sudah biasa dilakukan oleh papa setiap hari semenjak dia muda hingga sekarang dengan alasan biar ga bau mulut dan mematikan kuman yang tidak terangkat oleh pasta gigi. He's a firm believer kalau mulut orang bau banget itu pasti ada gejala sakit, dan tiap bau beda sakit. Bisa cuman karena kebanyakan gigi rusak hingga gastric atau asam lambung!

Cara berkumurku dari dulu mengikuti cara papa, tidak hanya sampai tahap kumur mulut tapi sampai ke tenggorokan juga. Harus diakui sensasi sehabis mengkumur tenggorokan itu lega banget walau kadang kesannya kering keset tapi bersih. Bedanya, aku tidak melakukannya setiap hari, hanya sekitar 2-3hari sekali karena memang ga suka aja perasaan kering keset gitu.


Gunakan Obat Kumur yang Benar!
Rutinitas ini selalu kita lakukan hingga suatu hari setelah pencabutan gigi geraham, gusi papa ga cuman bengkak tapi bernanah! Yang paling bikin ga nyaman sampai batuk berdahak. Saat dikonsultasikan dengan dokter, disarankan menggunakan Betadine Obat Kumur. Kenapa? karena Betadine Obat Kumur Povidone-Iodine yang berguna membunuh bakteri, virus dan jamur. Ga cuman sebagai obat kumur, dokter juga mengingatkan untuk berkumur hingga ke tenggorokan untuk membunuh kuman bakteri yang telah menumpuk pada tenggorokan sehingga menyebabkan batuk. Yang paling penting ialah kesalahan pada papa juga, sudah tau gusi sensitive tapi malah menggunakan obat kumur yang ada rasa mintnya, lol. Selang beberapa waktu setelah penggunaan Betadine Obat Kumur perlahan gusi papa tidak membengkak dan nanah juga mengempes. Itu pertama kalinya juga aku tau tentang Betadine Obat Kumur, ga cuman Betadine Obat Luka. 

Semenjak saat itu pula kita ganti obat kumur yang biasanya ke Betadine Obat Kumur. Uda cukup lama juga sih kayaknya itu dari jaman SMP/SMA sampai sekarang aku uda kerja. Emang paling bener kalau buat kesehatan ga usah pake banyak rasa sih ya, mo rasa mint kek, orange kek hahaha.

Terus Apa Hubungannya dengan Kesehatan?
Penting banget menjaga kesehatan oral karena banyaknya bakteri yang bersarang disana. Terutama kalau semakin banyaknya bakteri semakin menurun juga imun tubuh kita. Saat traveling apalagi, setelah berjam-jam di pesawat bakteri semakin menumpuk dan entah kenapa tenggorokan semakin kering. Kadang saking keringnya bisa sedikit perih. Kalau tidak cepat-cepat ditangani yang ada bisa sakit tenggorokan (plus bau mulut yang aduhai). Ini contoh paling gampangnya sih. Ternyata minum air saja tidak cukup untuk karena kembali lagi seperti (hampir) seperti kasus papa, adanya bakteri yang menumpuk pada mulut dan tenggorokan.

Sedangkan kalau bagi yang bergusi sensitive seperti aku, ada beberapa saat kalau kecapean atau kurang minum air saat selesai gosok gigi akan ada sisa darah alias gusi berdarah. Pada saat ini juga bau mulut jadi lebih ketara ketibang biasanya. Kalau terus-terusan dibiarkan dan terutama untuk gigi berlubang, rasanya gusi jadi lebih rentan sampai aku takut itu gigi copot T_T. Biasanya kalau sudah begini aku menggunakan Betadine Obat Kumur setiap hari dan sejauh ini membantu mengatasinya.

Namun digunakan Setiap Hari Apakah Aman?
Jawabannya aman. Walau cairannya dan baunya itu Betadine banget, ga bakal bikin gigi kuning. Yang ini ini gigi kuning karena kopi dan teh, lol. Lagipula juga, kembali lagi yang bikin kita sekeluarga ganti obat kumur karena ini merupakan rekomendasi dari dokter juga :)

So for me, Gargling is a good habit. For both health and confidence. 
what do you guys think? ^^



 photo sign_zpso5nm6vdu.png

0 comments

Subscribe